Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Transformator Step Up dan Step Down

Pengertian Transformator Step Up dan Step Down

Transformator, sebuah alat penghantar listrik yang tentunya sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya di rumah, melainkan bangunan lain seperti kantor, industri, rumah sakit, dan lain sebagainya pun tidaklah jauh dengan fungsi dari peralatan yang satu ini. Di dalamnya terdapat dua jenis yang paling lumrah dan itu penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Seperti halnya berikut ini ada ulasan pengertian transformator step up dan step down yang lengkap.

Mengetahui Pengertian Dari Transformator Step Up dan Step Down Secara Keseluruhan


Transformator Step Up

Transformator step up atau bisa disebut dengan trafo step up merupakan sejenis penghantar listrik yang mempunyai lilitan lebih banyak di bagian kumparan sekunder atau outputnya dibandingkan dengan primernya. Trafo ini juga bisa menghasilkan tegangan listrik dengan skala yang lebih besar dan tinggi tepat di terminal sekundernya daripada yang masuk ke bagian seluruh transformator.


Oleh karenanya tak heran jika banyak pula yang menamainya sebagai trafo penaik tegangan listrik, sekalipun demikian namun frekuensinya tetaplah serupa atau sama. Dalam dunia kelistrikan transformator yang satu ini sangat mudah untuk Anda temukan. Sebenarnya dalam pengertiannya yang paling sederhana step up sendiri dapat diartikan sebagai menaikkan dan memperbesar.

Sementara untuk memperjelas akan definisi ini ada sejumlah ciri-ciri yang dapat menjadi patokan. Diantaranya adalah tegangan dari bagian primer selalu lebih rendah dan kecil daripada sekunder, jumlah lilitan pada primer lebih sedikit atau kecil jika dibandingkan dengan kumparan sekunder, dan kuat arus primer lebih besar serta kuat dari arus bagian sekunder.

Transformator Step Down

Menurut cosmogirl transformator step down adalah salah satu jenis trafo yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat dalam beragam jenis keperluan sehari-harinya. Step down memiliki bagian-bagian dari kumparan skunder dan primer dengan lilitan yang berada di inti besi serupa.

Pada jenis trafo ini jumlah lilitan yang primer jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah lilitan bagian sekundernya. Dengan demikian tegangan dengan taraf yang rendah akan masuk di dalam terminal input atau kumparan primernya dan hal ini tentu berbeda dari tegangan listrik yang lebih besar.

Oleh sebabnya tak sedikit pula dari penggunanya yang menyebutkan bahwa trafo ini merupakan transformator penurun tegangan listrik. Pada setiap komponennya kumparan primer dengan sekundernya beserta taraf tegangan lah yang berbeda, namun daya listrik serta frekuensinya tetaplah sama. Secara bahasa sendiri step down mempunyai makna mengecilkan dan menurunkan.

Sehingga tanpa menuliskan secara mendetail Anda pun sudah mengetahui akan fungsi yang dimilikinya. Sementara untuk ciri-cirinya sendiri adalah tegangan primernya lebih kecil dari sekunder, kuat arus primer selalu lebih besar, jumlah lilitan primer lebih kecil.

Sampai sini Anda sudah memahami akan pengertian transformator step up dan step down yang terdapat kemiripan, karena sama-sama mempunyai kumparan primer dan sekunder. Hanya saja ada yang mempertajam tegangan listrik dan ada juga yang melemahkannya. Oleh karenanya jangan sampai Anda salah membedakan definisi ini supaya nantinya bisa tepat sasaran ketika ingin menggunakannya.

Itulah setidaknya informasi mengenai penjelasan dari pengertian transformator step up dan step down yang akan memberikan manfaat besar bagi Anda. Dengan adanya hal ini Anda akan lebih jeli dalam mengenali kedua jenis trafo yang ada di atas, karena sangat memungkinkan akan memberikan pengaruh besar bagi benda yang dialiri listrik di dalamnya.


Pengertian Transformator Step Up dan Step Down - Radar tarakan

Posting Komentar untuk "Pengertian Transformator Step Up dan Step Down"